DAFTAR ISI BLOG

Label:
Recent Posts

Selasa, 28 Juli 2009

Yamaha V-ixion 2008 (Jakarta)




Molor Karena Pertama

Chemonk Modified (CM), Jakarta, rumah modifikasi yang populer dengan bodi bolt-on. Kerap menggarap Kawasaki Ninja, Honda CBR150 dan sedikit Tiger. Namun pas ketemu Yamaha V-ixion CM agak kesusahan. Bahkan, sempat molor lebih dari 1 bulan dari target yang ditentukan.

Wajar ubahan V-ixion jadi telat. Lantaran, V-ixion yang sekarang ditulis MOTOR Plus ini pertama yang digarap CM. “Sempat bingung cari ide buat bagian depan. Enggak mungkin maksain punya Ninja atau CBR150 yang dimensinya jauh beda,” bilang Asep Saefudin, ahlinya bagian bodi dan fiber di CM.

Pengalaman Asep sih sering banget pemilik V-ixion maksain diri. Sport injeksi pertama di Indonesia ini dikasih kedok lampu atau fairing model Yamaha R6 atau R1. “Enggak mungkin pas. Jadinya motor kayak kebesaran,” jelas Asep yang pernah gabung di salah satu rumah modifikasi mobil, Jakarta.

Kebayang dimensi V-ixion yang sedang-sedang aja dipaksain pakai baju moge. Itu salah kaprah dan mengorbankan kenyaman. Akhirnya ketemu juga model yang pas. Yamaha R125 dipilih jadi insipirasi untuk bikin kedok. “Sudah ketemu konsepnya tinggal bikin malnya. Semua dari 0 makanya telat,” bela Asep.

Cocok banget kedok lampu Yamaha R125 dipakai buat Yamaha V-ixion. R125 punya dimensi sport harian cc kecil, tapi modelnya seperti moge. Bahkan ada gosip nantinya bodywork V-ixion akan dirancang seperti R125.

Tingkat kesulitan merancang kedok lampu 125 masih tetap ada. Belum ada contoh yang pasti bagaimana aslinya. Dengan pengalaman, Asep sanggup bikin dengan cara tebak-tebakan. Hasilnya lihat sendiri. V-ixion buatan CM pas di jalan raya banyak yang nyangka R125.

Belum selesai. Asep juga mesti mikirin braket yang pas untuk pemasangan kedok. Diambil deh cara yang paling simpel mencontek pegangan kedok lampu Kawasaki Ninja RR150. Menggunakan pelat 2 mm dipasang dua bagian depan dan tiga di kanan-kiri motor.

Pegangan yang di bagian depan untuk kedok lampu panjangnya sekitar 5 cm, sedang untuk bagian samping sampai 10 cm. "Terpaksa mesti dilas sedikit supaya braket bisa nempel kuat. Bisa dibilang bagian depan enggak bolt-on soalnya enggak mungkin nempelin kedok kalau braketn enggak ada di V-ixion," jelas Asep.

Setelah mencangkok ide kedok R125 untuk V-ixion bagian lainnya mengikuti. Tangki dikondom supaya kelihatan imbang. Tentunya nggak asal kelihatan gede. Model Yamaha R1 sedikit dicontek.

Alhasil, enggak bakal kelihatan lagi aslinya V-ixion. Sebut aja V-ixion-R125. Setuju?

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Battlax 120/70-17
Ban belakang : Battlax 140/70-17
Footsteep : Yoshimura Knalpot : R9 Racing
Lampu depan : Variasi

0 komentar:

Posting Komentar

Designed by: Ariefortuna's Zone
 

Ariefortuna Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ariefortuna for ariefortuna's Zone